Merangkai Memory



Hindra Setya Rini

Video dan Foto

2020


Memori Pandemi

Proyek personal ongoing ini merupakan upaya mendokumentasikan pandemi korona melalui pangan. Saya memulainya sejak minggu ketiga masa karantina (PSBB). Konsep karya ini diawali dengan pertanyaan kepada teman-teman saya yang dikirim melalui WhatsApp: makanan apa yang paling sering kamu konsumsi saat pandemi?; apakah pola konsumsi berubah dari sebelum dan sesudah pandemi?; apa ada makanan dan minuman tertentu yang dulunya kamu tidak suka, lalu ketika pandemi jadi terpaksa dikonsumsi dengan alasan meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh?; dan sebaliknya.

Bahan makanan yang diceritakan oleh responden kemudian dijadikan subjek foto-foto ini. Saya juga meminta bantuan beberapa teman untuk mengirimkan koran lokal dari domisili mereka ketika situasi telah memungkinkan. Sering kali yang saya temui, koran hanya digunakan sebagai hiasan dalam fotografi makanan. Lantas, saya coba menggunakannya sebagai penunjuk waktu atau tempat, meletakkan konteks pandemi ketika foto ini dibuat. Pada akhirnya, jika pandemi ini berlalu, saya ingin membaca ulang foto seri ini sebagai dokumentasi memori orang-orang atas pandemi yang dialaminya melalui makanan.

Merangkai Memori

Gagasan karya Merangkai Memori adalah mencoba menjalin bentuk komunikasi yang menawarkan pengalaman bertutur dengan membuat karya bersama partisipan. Tindakan percobaan dilakukan bersama dengan merespon ruang virtual sebagai sebuah “perjumpaan fisik” yang ditata dan diimajinasikan. Karya foto seri tentang pangan di kala pandemi menjadi titik keberangkatan. Sumber cerita dikumpulkan dari narasumber di berbagai daerah melalui pertanyaan: makanan apa yang paling sering dikonsumsi saat pandemi? Adakah pola konsumsi yang berubah dari sebelum dan ketika pandemi terjadi? Melalui Merangkai Memori ini, seniman ingin mengeksplorasi bagaimana partisipan “bertemu” langsung dan menceritakan memori pandemi yang dialaminya melalui ruang virtual. Sebagai bentuk pertukaran cerita, partisipan mendapatkan karya dan buah tangan dari seniman berupa hampers yang dikirimkan ke rumahnya. Merangkai Memori berupa fragmen-fragmen yang disadari, disepakati, dan direkam menggunakan aplikasi Zoom.

Tim produksi dan kolaborator untuk video Merangkai Memori:

Ilustrator: Annisa Rizkiana Rahmasari

Editor video: Rifqi Mansur Maya

Kru teknis: Galang Ramadhan Putra

Partisipan dalam video: Sekar Sari & Dafrosa Gita

TENTANG SENIMAN

Hindra Setya Rini adalah seniman yang berbasis di Yogyakarta. Ia merupakan inisiator dan salah satu pendiri BIOSCIL. Hindra mulai menekuni film dan fotografi sejak beberapa tahun terakhir. Ketertarikannya terletak pada berbagai medium kesenian untuk dapat diolah sebagai praktik story-telling. Saat ini ia sedang menyelesaikan proyek fotografinya yang mengangkat isu pangan di masa pandemi, sebagian telah dimuat dalam edisi KARANTINA (Sokong Publish) dan Dialog Lensa (PSBK). Merangkai Memori terpilih dalam pameran KARYA NORMAL BARU (Biennale Jogja, 2020) dan “layar berkembang, kemudi diputar” (Gulung Tukar, 2021).

Cerita Lainnya